Ujian Nasional atau yang lebih sering kita kenal dengan singkatan UN, adalah ujian tingkat akhir yang diadakan serentak dari pemerintah pusat untuk siswa jenjang SD, SMP, dan SMA.  Ujian ini diadakan untuk siswa/ siswi kelas 6 SD, 3 SMP, dan 3 SMA. Perbedaannya terletak pada konten materi yang diujikan, dan ada beberapa penambahan subjek mata pelajaran yang tidak ada sebelumnya ditambahkan pada tingkat/level tertentu.  Meskipun Ujian Nasional sudah tidak lagi menjadi standar kelulusan, namun hasil ujian tersebut masih digunakan sebagian besar sekolah untuk menerima siswa baru. Seandainya siswa tersebut baru lulus SD, hasil UN akan dipakai sebagai standar seleksi siswa baru. Sudah tentu hanya siswa dengan nilai UN terbaik yang diterima di SMP negeri favorit. Dan begitu pula SMA negeri favorit, hanya akan menerima nilai UN SMP tertinggi.

Pada tingkat SD, siswa dihadapkan oleh 3 materi ujian yaitu ujian matematika, ujian IPA, dan ujian Bahasa Indonesia. Dikabarkan mulai tahun 2018 ini, siswa akan mendapati 5 soal essay dengan 35 soal pilihan ganda. Materi matematika yang akan diujikan antara lain operasi tambah kurang kali bagi, pecahan, decimal, persentase, pangkat dua dan pangkat tiga, akar dua dan akar tiga, KPK dan FPB, konversi ukuran, skala , luas,  volume, perbandingan dan sebagainya. Untuk menguasai materi tersebut siswa harus latihan secara rutin. Sementara untuk pelajaran Bahasa Indonesia nya meskpun terlihat mudah namun sering kali siswa terjebak dan salah dalam menjawab.

Berbeda halnya dengan SD, siswa tingkat SMP akan menghadapi 4 mata pelajaran UN yang diujikan, yaitu matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan penambahan 1 mata pelajaran yaitu Bahasa Inggris. Materi matenatika yang diujian seperti system persamaan linear dua variable, hubungan garis dan sudut, rumus  phytagoras, lingkaran dan unsur unsurnya, kesebangunan dan kekongruenan, bangun ruang, peluang, aritmatika social, himpunan, aljabar, baris dan deret.  Untuk pelajaran IPA nya akan lebih komplek seperti system pencernaan, peredaran darah, pernafasan, reproduksi, unsur,senyawa ,campuran, asam , basa, garam, zak adiktif, kalori, tekanan, bunyi, cahaya, listrik dan lain lain.

Sudah tentu untuk materi UN yang diujikan pada tingkat SMA akan jauh lebih kompleks dan lebih rumit daripada materi yang diujikan pada tingkat SD dan SMP. Karena SMA merupakan tingkat paling akhir sebelum memasuki universitas.  Materi yang diujikan akan lebih mendetail dan lebih mendalam. Membutuhkan pemahaman yang kuat untuk menganalisis suatu soal. Oleh karena itu, tidak heran bahwa banyak siswa yang kesulitan di tingkat ini.  Diperlukan bimbingan belajar khusus seperti les privat untuk menguasai semua materi yang diujikan.

Baik siswa yang ingin melanjutkan  ke sekolah negeri maupun sekolah swasta, mereka sama sama tetap membutuhkan nilai UN yang tinggi. Meskipun sebagian sekolah swasta tidak memerlukan UN sebagai syarat masuk, namun siswa tetap harus dipersiapkan dengan ujian masuk yang diadakan oleh sekolah tersebut. Standar ujian masuk antara satu sekolah ke sekolah lainnya berbeda beda dan tentu bukanlah hal yang mudah. Les Privat Genius Leader hadir untuk membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional dan ujian masuk lainnya. Dengan persiapan yang matang, siswa diharapkan percaya diri dan optimis mengerjakan soal ujian. Sehingga mereka tidak mengalami kesulitan saat ujian dan diharapkan diterima disekolah favorit yang didambakan. Sebentar lagi UN ? tunggu apalagi, segera hubungi les privat genius leader di 08161434992 ( telpon/sms/whatsapp).

#lesprivatunsd#lesprivatunsmp#lesprivatunsma#lesprivatjakarta